-->

Tabel Troubleshooting / pemecahan masalah Sistem Rem, Transmisi, Differential

SISTEM REM
Masalah
Kemungkinan Penyebab
Penjelasan
Solusi
a.       Rem Tidak bisa bekerja
1. piston cup lembek/rusak

2.Miyak rem habis
3.
4.
5.
1. piston cup tidak bisa menutup return port sehingga minyak ketika ditekan akan langsung kembali ke reservoir, tidak keluar ke caliper sehingga minyak tekanan tinggi tidak dapat menekan piston caliper dan tidak terjadi pengereman

2. tidak ada penyealuran minyak rem bertekanan tinggi ke caliper / yang di tekan hanyak udara, sehinga rem tidak bekerja
3.
4.
5.
1. ganti piston rem satu set

2. ditambah minyak rem
3.
4.
5.
b.      Rem Bekerja tapi tidak bisa kembali
1.
2.
3.
4.
5.
1.
2.
3.
4.
5.
1.
2.
3.
4.
5.
TRANSMISI
c.       Pada saat gigi berpindah terdapat bunyi ketukan keras
1. Clerence antar gigi terlalu besar akibat aus

2. Oli terlalu encer/ tdk sesuai standar

3. ulir ring syncromesh aus

4. shifting key aus/ berkuran panjangnya

5.  kolping bermasalah
1. jika clerence antar gigi terlalu besar ketika gigi berkaitan dengan kigi lain akan terdengar bunyi yang keras

2. jika oli terlalu encer maka oli yang masuk ke celah gigi tidak bisa menahan benturan antar roda gigi

3. ketika ring singkromesh aus, pengereman gigi akan terganggu sehingga roda gigi berkaitan sebelum putaran sama dan terjadi ketukan antar roda gigi

4. ketika shifting key aus maka akan berkurang penekanannya pada ring syncromesh sehingga proses pengereman gigi terganggu dan akan menyebabkan ketukan

5. ketika kopling tidak bebas sempurna/ bergelombang akan mengganggu proses pengereman syncromesh, sehingga proses penyamaan gigi menjadi sulit sehingga akan menakibatkan bunyi ketukan dan kerusakan ulir syncromesh
1. ganti gig sesuai standar

2. ganti oli

3. ganti ring syncromesh

4. ganti shifting key

5. setel kopling atau ganti kampas jika bergelombang
d.      Sulit dalam pemindahan gigi
1. celah shift fork dengan cluch hub terlalu besar

2. oli sudah mencapai batas

3. celah handle transmisi terlalu besar

4. kopling bermasalah
1. pada saat shift fork akan mengeser clutch hub menjadi sulit karena celah terlalu besar sehingga jarak geser clutch hub akan berkurang

2. ketika zat aditif oli akan habis sehingga kemampuan oli sebagai pelumas akan berkurang yang akan menyebabkan gesekan menjadi besar atau kelicinan berkurang dan akan mengganggu proses pemindahan gigi

3. akan mempengaruhi jarak geser dari shif fork dan clutch hub sehingga penggeseran gigi akan sulit

4. ketika kopling tidak bebas sempurna/ bergelombang akan mengganggu proses pengereman syncromesh sehingga proses mengaitkan antar gigi menjadi sulit
1. ganti shift fork / clutch hub

2. ganti oli

3. ganti shift fork/ handle

4. setel kopling / ganti kampas
SISTEM DIFFERENTIAL
e.      Pada saat mobil berjalan terdapat bunyi seperti peluit
1. Celah antar gigi terlalu besar

2. run out ring gear

3. Bearing aus

4. Oli terlalu encer
1. jika celah terlalu besar maka akan diisi angin dan angina akan menimbulkan bunyi seperti peluit

2. jika ring gear run out terlalu besar maka akan berpengaruh pada besarnya celah antar gigi yang akan mengakibatkan bunyi

3. jika bearing penyetelan aus maka menyebabkan pergeseran dari gigi ring gear sehingga celah akan membesar yang akan menyebabkan bunyi

4. jika oli terlalu encer maka celah antar gigi akan terisi oleh udara sehingga akan menyebabkan bunyi

1. ganti / setel gigi

2. ganti

3. ganti bearing

4. ganti oli yang lebih kental

0 Response to "Tabel Troubleshooting / pemecahan masalah Sistem Rem, Transmisi, Differential"

Post a Comment

Terimakasih Telah Berkomentar di Thomide

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel