Tabel Troubleshooting / pemecahan masalah Sistem Rem, Transmisi, Differential
Thursday, November 15, 2018
Add Comment
SISTEM REM
|
|||
Masalah
|
Kemungkinan Penyebab
|
Penjelasan
|
Solusi
|
a.
Rem Tidak bisa
bekerja
|
1. piston cup lembek/rusak
2.Miyak rem habis
3.
4.
5.
|
1. piston cup tidak bisa menutup return
port sehingga minyak ketika ditekan akan langsung kembali ke reservoir, tidak
keluar ke caliper sehingga minyak tekanan tinggi tidak dapat menekan piston caliper
dan tidak terjadi pengereman
2. tidak ada penyealuran minyak rem
bertekanan tinggi ke caliper / yang di tekan hanyak udara, sehinga rem tidak
bekerja
3.
4.
5.
|
1. ganti piston rem satu set
2. ditambah minyak rem
3.
4.
5.
|
b.
Rem Bekerja
tapi tidak bisa kembali
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
1.
2.
3.
4.
5.
|
TRANSMISI
|
|||
c.
Pada saat gigi
berpindah terdapat bunyi ketukan keras
|
1. Clerence antar
gigi terlalu besar akibat aus
2. Oli terlalu encer/ tdk sesuai standar 3. ulir ring syncromesh aus 4. shifting key aus/ berkuran panjangnya 5. kolping bermasalah |
1. jika clerence
antar gigi terlalu besar ketika gigi berkaitan dengan kigi lain akan terdengar
bunyi yang keras
2. jika oli
terlalu encer maka oli yang masuk ke celah gigi tidak bisa menahan benturan
antar roda gigi
3. ketika ring
singkromesh aus, pengereman gigi akan terganggu sehingga roda gigi berkaitan
sebelum putaran sama dan terjadi ketukan antar roda gigi
4. ketika
shifting key aus maka akan berkurang penekanannya pada ring syncromesh sehingga
proses pengereman gigi terganggu dan akan menyebabkan ketukan
5. ketika kopling tidak bebas sempurna/
bergelombang akan mengganggu proses pengereman syncromesh, sehingga proses
penyamaan gigi menjadi sulit sehingga akan menakibatkan bunyi ketukan dan
kerusakan ulir syncromesh
|
1. ganti gig
sesuai standar
2. ganti oli 3. ganti ring syncromesh 4. ganti shifting key 5. setel kopling atau ganti kampas jika bergelombang |
d.
Sulit dalam
pemindahan gigi
|
1. celah shift
fork dengan cluch hub terlalu besar
2. oli sudah mencapai batas 3. celah handle transmisi terlalu besar
4. kopling
bermasalah
|
1. pada saat
shift fork akan mengeser clutch hub menjadi sulit karena celah terlalu besar
sehingga jarak geser clutch hub akan berkurang
2. ketika zat
aditif oli akan habis sehingga kemampuan oli sebagai pelumas akan berkurang
yang akan menyebabkan gesekan menjadi besar atau kelicinan berkurang dan akan
mengganggu proses pemindahan gigi
3. akan
mempengaruhi jarak geser dari shif fork dan clutch hub sehingga penggeseran
gigi akan sulit
4. ketika kopling
tidak bebas sempurna/ bergelombang akan mengganggu proses pengereman syncromesh
sehingga proses mengaitkan antar gigi menjadi sulit
|
1. ganti shift
fork / clutch hub
2. ganti oli 3. ganti shift fork/ handle 4. setel kopling / ganti kampas |
SISTEM DIFFERENTIAL
|
|||
e.
Pada saat mobil
berjalan terdapat bunyi seperti peluit
|
1. Celah antar
gigi terlalu besar
2. run out ring
gear
3. Bearing aus
4. Oli terlalu
encer
|
1. jika celah
terlalu besar maka akan diisi angin dan angina akan menimbulkan bunyi seperti
peluit
2. jika ring gear
run out terlalu besar maka akan berpengaruh pada besarnya celah antar gigi yang
akan mengakibatkan bunyi
3. jika bearing
penyetelan aus maka menyebabkan pergeseran dari gigi ring gear sehingga celah
akan membesar yang akan menyebabkan bunyi
4. jika oli terlalu encer maka celah antar gigi
akan terisi oleh udara sehingga akan menyebabkan bunyi
|
1. ganti / setel
gigi
2. ganti 3. ganti bearing
4. ganti oli yang
lebih kental
|
0 Response to "Tabel Troubleshooting / pemecahan masalah Sistem Rem, Transmisi, Differential"
Post a Comment
Terimakasih Telah Berkomentar di Thomide